Rabu, 25 November 2015

RENCANA PEMASARAN

RENCANA PEMASARAN
1.      Jenis barang/jasa yang dijual
Jenis barang yang di jual atau ditawarkan adalah makanan, yaitu “cake and bakery”. Dilatar belakangi oleh owner yang menggemari cake dan memiliki hobby membuat cake, serta peluang usaha untuk bisnis makanan yang tidak pernah sepi. 
2.      Keunggulan produk dibanding pesaing
Dewasa ini produk makanan yang dijual banyak yang tidak halal dan yang paling mengkhawatirkan masyarakat adalah kasus – kasus tentang masalah penyalahguaan bahan berbahaya pada produk pangan ataupun bahan yang diperbolehkan tetapi melebihi batas yang telah ditentukan. Tak terkecuali kue jajanan yang murah yang beredar di pasaran. Hal utama dalam hal ini berdasarkan atas latar belakang pedagang kecil yang ingin merauk untung banyak dengan modal kecil yang kemudian tidak memperdulikan dampak yang diakibatkan dari bahan-bahan yang digunakan. Tiga hal itu adalah Penggunaan bahan terlarang yang mencakup : Bahan Pengawet, Bahan Pewarna, Bahan Pemanis, Pengencer dan Pengental. Jelas ke lima bahan tersebut tidak berasal dari bahan alami yang seperti semestinya. Namun malah menggunakan bahan-bahan yang notabene sangat berbahaya bagi kesehatan manusia bahan-bahan tersebut diantaranya boraks, pewarna tekstil, pemanis sintetis, pengawet mayat, dan lain-lainnya. Allah sudah memberi petunjuk melalui utusanNya, Nabi Muhammad dalam Al Quran, mengenai kebutuhan pokok manusia berupa makanan. Allah telah menentukan kaidah cara hidup sehat dengan memerintahkan agar manusia memilih makanan yang baik dan halal, seperti yang tercantum dalam surat Al Baqarah ayat 168:
يَاأَيُّهاَ النَّاسُ كُلُوا مِمَّا فِي اْلأَرْضِ حَلاَلاً طَيِّبًا
"Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi"
Dari ayat di atas dapat di simpulkan bahwa Allah memberikan keterangan dan ketentuan bahwa kita sebagai manusia agar memakan makanan yang halal dan baik, devinisi baik disini dimaksudkan makanan yang memang jika di konsumsi oleh manusia dapat menyebabkan efek baik bagi pemakanya. 


Oleh sebab itu owner membuat usaha cake dan bakery yang memiliki keunggulan seperti:
  • Produk yang dijual aman, sehat, fresh, baru dan halal.
  • Menawarkan menu untuk vegetarian. Dimana vegetarian tidak hanya selalu makan sayur, tapi vegetarian tetap bisa makan enak, dengan adanya produk ini diharapkan menarik perhatian para vegetarian. Misalnya roti, donut, cake yang dalam proses pembuatannya tidak menggunakan telur sebagai bahan dasarnya.
  • Mempunyai menu- menu  baru yang inovatif, sebab sudah banyak produk yang bentuk dan cita rasanya seragam, lalu dibuatlah terobosan baru atau inovasi seperti bolu kukus Bolu kukus mekar variasi ini merupakan bolu kukus yang berbeda dari biasanya karena pada bolu kukus ini terdapat berbagai macam isi. Isi yang di tawarkan juga beragam sehingga konsumen dapat mencoba berbagai rasa dalam menikmati bolu kukus, black burger, shusi donut. Black burger yang bahan pewarna atau pembuatan rotinya menggunakan tepung dari beras ketan hitam, sehingga menghasilkan warna hitam. Sedangkan shusi donut sendiri adalah donut yang topingnya menggunakan bentuk shusi.
  • Menyediakan tempat yang nyaman, ruang rapat ataupun ruang untuk pesta, tempat ini juga dilengkapi wifi.
  • Menerima untuk pesan antar. 


3.  Target pembeli (kelas pembeli)
      Dipasarkan kepada semua kalangan. Mulai dari anak- anak, mahasiswa, pekerja kantor.
4. Daerah penjualan (kota, negara)
           Kawasan Margonda raya, depok. Dekat kampus UI, GUNADARMA UNIVERSITY, dan    Margonda Residence.

ASPEK PEMASARAN LAINNYA
1.      Permintaan
a.         Lokasi
   Margonda Raya, Depok (Dekat kampus UI, GUNADARMA UNIVERSITY, dan   Margonda Residence)
b.         Jumlah penduduk
       2.042.391
c.         Usia
      Usia tidak dibatasi, dari anak kecil hingga orang tua dapat mengkonsumsinya.
d.        Pendapatan
       Rp 500.000 – 1.500.000 perhari.
e.         Potensi pembeli
     Potensi pembeli besar. Kita tahu banyak sekali produk yang masih belum tahu mengenai    status halalnya ataupun masalah keamanan bagi konsumennya. Dimana produk yang    ditawarkan ini sudah bersertifikasi halal dan aman. Serta menu yang ditawarkan berbeda  dari yang lain, sehingga potensi pembeli besar.
f.         Penjualan per bulan
    Rp 15.000.000 s/d Rp 45.000.000
g.        Penjualan per tahun
    Rp 180.000.000 s/d Rp 540.000.000

2.      Penawaran
a.         Kapasitas pesaing utama
Perkiraan permintaan dari tahun 2010 sampai dengan tahun 2015 mengalami peningkatan sebesar 10%.
Penawaran yang dilakukan oleh pesaing menurut data hasil wawancara yaitu, Braserrie mengalami peningkatan penjualan 10% pertahun , French mengalami kenaikan 8% pertahun, De Patisserie mengalami kenaikan 9% pertahun.

b.    Rencana penjualan dan Pangsa pasar
  
     Tahun
   Permintaan
(A)
    Penawaran
          (B)
    Peluang   pasar
  (C=A-B)
    Rencana    penjualan  (D)
  Pangsa Pasar (E=Dx100%:C)
   1         
      13.000
    11.000
   1.500
    5.500
    3,7 %
   2
      18.000
    16.000
   2.000
   10.000  
     5 %
   3
       45.000
    40.000
   5.000 
    30.000
     6 %

3.      Tingkat pertumbuhan
a.     Permintaan berdasarkan pertumbuhan penduduk (%)
    10 % → setiap Universitas memiliki mahasiswa baru, sehingga target konsumen yang akan membeli lebih banyak. Tidak hanya mahasiswa baru, masyarakat Depok juga menjadi target, dimana mereka yang butuh ruang untuk rapat ataupun mengadakan acara. Apalagi jika mampu menjaga kualitas dan mutu produk, maka promosi dari mulut ke mulut akan sangat membantu, selain brosur dan iklan yang dipromosikan lewat radio, internet ataupun koran dan majalah sehingga permintaan akan kebutuhan produk semakin meningkat
b.    Pertumbuhan penawaran berdasarkan pertumbuhan ekonomi (%)
    10%
c.     Pertumbuhan penjualan (%)
   10% → dengan  menjaga kualitas dan mutu produk, maka promosi dari mulut ke mulut akan sangat membantu, selain brosur dan iklan yang dipromosikan lewat radio, internet ataupun koran dan majalah sehingga permintaan akan kebutuhan produk semakin meningkat.

3.      Persaingan
a.     Pesaing utama (keunggulan), 
    Pesaing adalah salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam membuka suatu usaha.  Persaingan dapat berupa pesaingan harga, promosi, dan kualitas makanan. Pesaing    pada  usaha cake and bakery ini adalah harga yang sedikit lebih murah.

b.    Pemasaran (product, price, place, promotion)
©      Product
Produk yang di tawarkan oleh AULIA CAKE AND BAKERY  merupakan produk yang berbeda dari produk yang bisanya dan juga tentunya berbeda dari pesaing dari rasa sampai kepada kemasan produk. Dimana mempunyai menu- menu  baru yang inovatif, sebab sudah banyak produk yang bentuk dan cita rasanya seragam, lalu dibuatlah terobosan baru atau inovasi seperti bolu kukus Bolu kukus mekar variasi ini merupakan bolu kukus yang berbeda dari biasanya karena pada bolu kukus ini terdapat berbagai macam isi. Isi yang di tawarkan juga beragam sehingga konsumen dapat mencoba berbagai rasa dalam menikmati bolu kukus, black burger, shusi donut. Black burger yang bahan pewarna atau pembuatan rotinya menggunakan tepung dari beras ketan hitam, sehingga menghasilkan warna hitam. Sedangkan shusi donut sendiri adalah donut yang topingnya menggunakan bentuk shusi. 
Menawarkan menu untuk vegetarian. Dimana vegetarian tidak hanya selalu makan sayur, tapi vegetarian tetap bisa makan enak, dengan adanya produk ini diharapkan menarik perhatian para vegetarian. Misalnya roti, donut, cake yang dalam proses pembuatannya tidak menggunakan telur sebagai bahan dasarnya.  Serta produk ini telah dijamin ke halal an nya. Sehingga juga menjadi nilai lebih dibandingkan produk cake and bakery lainnya yang belum mengantongi sertifikat HALAL.




©      Price
No.
PRODUK
PRICE
     1
   Cup cake
    Rp 7.500/pcs
     2
   Bolu kukus isi
    Rp 5.000/pcs
     3 
   Donut
   Rp 5.000/pcs
     4
   Black forest cake
   Rp 15.000/pcs
     5
   Roti 
   Rp 5.000/pcs
     6
   Shusi donut
   Rp 20.000/pcs
     7
   Black burger
   Rp 15.000/pcs
     8
   Burger Vegetarian (isi tahu/tempe , tanpa telur)
   Rp 15.000/pcs
    9
   Sponge Cake (kue tart)
   Rp 60.000 (Small)
   Rp 80.000 (Medium)
   Rp 100.000 (Large)
   10
   Black forest cake
   Rp 70.000 (Small)
   Rp 90.000 (Medium)
   Rp 110.000 (Large)

Tidak hanya makanan berupa cake and bakery, kami juga menyediakan aneka minuman.
    No
    Drink
   Price
    1
    Cappuccino ice/hot  
    Rp 10.000
    2
    Chocolate ice/hot
    Rp 10.000
    3
    Milk ice/hot 
    Rp 10.000
    4
    Tea ice/hot
    Rp. 5.000
    5
    Mineral water
    Rp. 2.000

©      Place
Sistem penyaluran produk yang dilakukan adalah penyaluran langsung yaitu menggunakan gerai dalam penyampaian produk kepada konsumen ini dilakukan agar owner dapat menjaga kepuasan konsumen dan juga untuk terjun langsung dalam penjualan produk. 
©      Promotion
Kegiatan usaha yang dilakukan untuk menarik pelanggan melalui berbagai media. AULIA CAKE AND BAKERY melakukan beberapa cara dengan iklan melalui media online (seperti BBM, Facebook, Twitter, Instagram dan Line), brosur serta iklan melalui radio. 
   c.  Biaya distribusi/place (Rp)
       Rp 5.000.000/bulan
   d.   Biaya promosi (Rp)
       Rp 500.000/bulan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar