RENCANA PEMASARAN
1.
Jenis barang/jasa yang dijual
Jenis barang yang di jual atau ditawarkan adalah makanan,
yaitu “cake and bakery”. Dilatar belakangi oleh owner yang menggemari cake dan
memiliki hobby membuat cake, serta peluang usaha untuk bisnis makanan yang
tidak pernah sepi.
2.
Keunggulan produk dibanding pesaing
Dewasa ini produk makanan yang dijual banyak yang tidak
halal dan yang paling mengkhawatirkan
masyarakat adalah kasus – kasus tentang masalah penyalahguaan bahan berbahaya
pada produk pangan ataupun bahan yang diperbolehkan tetapi melebihi batas yang
telah ditentukan. Tak terkecuali kue jajanan yang murah yang beredar di pasaran.
Hal utama dalam hal ini berdasarkan atas latar belakang pedagang kecil yang
ingin merauk untung banyak dengan modal kecil yang kemudian tidak memperdulikan
dampak yang diakibatkan dari bahan-bahan yang digunakan. Tiga hal itu adalah
Penggunaan bahan terlarang yang mencakup : Bahan Pengawet, Bahan Pewarna, Bahan
Pemanis, Pengencer dan Pengental. Jelas ke lima bahan tersebut tidak berasal
dari bahan alami yang seperti semestinya. Namun malah menggunakan bahan-bahan
yang notabene sangat berbahaya bagi kesehatan manusia bahan-bahan tersebut
diantaranya boraks, pewarna tekstil, pemanis sintetis, pengawet mayat, dan
lain-lainnya. Allah
sudah memberi petunjuk melalui utusanNya, Nabi Muhammad dalam Al Quran,
mengenai kebutuhan pokok manusia berupa makanan. Allah telah menentukan kaidah
cara hidup sehat dengan memerintahkan agar manusia memilih makanan yang baik
dan halal, seperti yang tercantum dalam surat Al Baqarah ayat 168:
يَاأَيُّهاَ النَّاسُ كُلُوا مِمَّا فِي اْلأَرْضِ حَلاَلاً
طَيِّبًا
"Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi"
"Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi"
Dari ayat
di atas dapat di simpulkan bahwa Allah memberikan keterangan dan ketentuan
bahwa kita sebagai manusia agar memakan makanan yang halal dan baik, devinisi
baik disini dimaksudkan makanan yang memang jika di konsumsi oleh manusia dapat
menyebabkan efek baik bagi pemakanya.
Oleh sebab
itu owner membuat usaha cake dan bakery yang memiliki keunggulan seperti:
- Produk yang dijual aman, sehat, fresh, baru dan halal.
- Menawarkan menu untuk vegetarian. Dimana vegetarian tidak hanya selalu makan sayur, tapi vegetarian tetap bisa makan enak, dengan adanya produk ini diharapkan menarik perhatian para vegetarian. Misalnya roti, donut, cake yang dalam proses pembuatannya tidak menggunakan telur sebagai bahan dasarnya.
- Mempunyai menu- menu baru yang inovatif, sebab sudah banyak produk yang bentuk dan cita rasanya seragam, lalu dibuatlah terobosan baru atau inovasi seperti bolu kukus Bolu kukus mekar variasi ini merupakan bolu kukus yang berbeda dari biasanya karena pada bolu kukus ini terdapat berbagai macam isi. Isi yang di tawarkan juga beragam sehingga konsumen dapat mencoba berbagai rasa dalam menikmati bolu kukus, black burger, shusi donut. Black burger yang bahan pewarna atau pembuatan rotinya menggunakan tepung dari beras ketan hitam, sehingga menghasilkan warna hitam. Sedangkan shusi donut sendiri adalah donut yang topingnya menggunakan bentuk shusi.
- Menyediakan tempat yang nyaman, ruang rapat ataupun ruang untuk pesta, tempat ini juga dilengkapi wifi.
- Menerima untuk pesan antar.
3. Target pembeli (kelas pembeli)
Dipasarkan
kepada semua kalangan. Mulai dari anak- anak, mahasiswa, pekerja kantor.
4. Daerah
penjualan (kota, negara)
Kawasan
Margonda raya, depok. Dekat kampus UI, GUNADARMA UNIVERSITY, dan Margonda
Residence.
ASPEK PEMASARAN LAINNYA
1.
Permintaan
a.
Lokasi
Margonda Raya, Depok (Dekat kampus UI, GUNADARMA UNIVERSITY,
dan Margonda Residence)
b.
Jumlah
penduduk
2.042.391
c.
Usia
Usia tidak dibatasi, dari anak kecil hingga orang tua dapat
mengkonsumsinya.
d.
Pendapatan
Rp 500.000 – 1.500.000 perhari.
e.
Potensi
pembeli
Potensi pembeli besar. Kita tahu banyak sekali produk yang
masih belum tahu mengenai status halalnya ataupun masalah keamanan bagi
konsumennya. Dimana produk yang ditawarkan ini sudah bersertifikasi halal dan
aman. Serta menu yang ditawarkan berbeda dari yang lain, sehingga potensi
pembeli besar.
f. Penjualan
per bulan
Rp 15.000.000 s/d Rp 45.000.000
g. Penjualan
per tahun
Rp 180.000.000 s/d Rp 540.000.000
2.
Penawaran
a.
Kapasitas
pesaing utama
Perkiraan
permintaan dari tahun 2010 sampai dengan tahun 2015 mengalami peningkatan
sebesar 10%.
Penawaran
yang dilakukan oleh pesaing menurut data hasil wawancara yaitu, Braserrie mengalami
peningkatan penjualan 10% pertahun , French mengalami kenaikan 8% pertahun, De
Patisserie mengalami kenaikan 9% pertahun.
b. Rencana
penjualan dan Pangsa pasar
Tahun
|
Permintaan
(A)
|
Penawaran
(B)
|
Peluang pasar
(C=A-B)
|
Rencana penjualan (D)
|
Pangsa Pasar (E=Dx100%:C)
|
1
|
13.000
|
11.000
|
1.500
|
5.500
|
3,7 %
|
2
|
18.000
|
16.000
|
2.000
|
10.000
|
5 %
|
3
|
45.000
|
40.000
|
5.000
|
30.000
|
6 %
|
3. Tingkat
pertumbuhan
a.
Permintaan
berdasarkan pertumbuhan penduduk (%)
10 % → setiap Universitas memiliki mahasiswa baru, sehingga
target konsumen yang akan membeli lebih banyak. Tidak hanya mahasiswa baru,
masyarakat Depok juga menjadi target, dimana mereka yang butuh ruang untuk
rapat ataupun mengadakan acara. Apalagi jika mampu menjaga kualitas dan mutu
produk, maka promosi dari mulut ke mulut akan sangat membantu, selain brosur
dan iklan yang dipromosikan lewat radio, internet ataupun koran dan majalah sehingga permintaan akan kebutuhan produk semakin meningkat
b.
Pertumbuhan
penawaran berdasarkan pertumbuhan ekonomi (%)
10%
c.
Pertumbuhan
penjualan (%)
10% → dengan menjaga
kualitas dan mutu produk, maka promosi dari mulut ke mulut akan sangat membantu,
selain brosur dan iklan yang dipromosikan lewat radio, internet ataupun koran dan
majalah sehingga permintaan akan kebutuhan produk semakin meningkat.
3.
Persaingan
a.
Pesaing
utama (keunggulan),
Pesaing
adalah salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam membuka suatu usaha. Persaingan dapat berupa pesaingan harga, promosi, dan kualitas makanan. Pesaing pada usaha cake and bakery ini adalah harga yang sedikit lebih murah.
b.
Pemasaran (product, price, place, promotion)
©
Product
Produk
yang di tawarkan oleh AULIA CAKE AND BAKERY merupakan produk yang berbeda dari produk yang
bisanya dan juga tentunya berbeda dari pesaing dari rasa sampai kepada kemasan
produk. Dimana mempunyai menu- menu baru yang inovatif, sebab sudah banyak produk
yang bentuk dan cita rasanya seragam, lalu dibuatlah terobosan baru atau
inovasi seperti bolu kukus Bolu kukus mekar variasi ini
merupakan bolu kukus yang berbeda dari biasanya karena pada bolu kukus ini
terdapat berbagai macam isi. Isi yang di tawarkan juga beragam sehingga
konsumen dapat mencoba berbagai rasa dalam menikmati bolu kukus, black burger, shusi donut. Black burger
yang bahan pewarna atau pembuatan rotinya menggunakan tepung dari beras ketan
hitam, sehingga menghasilkan warna hitam. Sedangkan shusi donut sendiri adalah
donut yang topingnya menggunakan bentuk shusi.
Menawarkan menu untuk vegetarian. Dimana vegetarian tidak hanya selalu makan sayur, tapi vegetarian tetap bisa makan enak, dengan adanya produk ini diharapkan menarik perhatian para vegetarian. Misalnya roti, donut, cake yang dalam proses pembuatannya tidak menggunakan telur sebagai bahan dasarnya. Serta produk ini telah dijamin ke halal an nya. Sehingga juga menjadi nilai lebih dibandingkan produk cake and bakery lainnya yang belum mengantongi sertifikat HALAL.
Menawarkan menu untuk vegetarian. Dimana vegetarian tidak hanya selalu makan sayur, tapi vegetarian tetap bisa makan enak, dengan adanya produk ini diharapkan menarik perhatian para vegetarian. Misalnya roti, donut, cake yang dalam proses pembuatannya tidak menggunakan telur sebagai bahan dasarnya. Serta produk ini telah dijamin ke halal an nya. Sehingga juga menjadi nilai lebih dibandingkan produk cake and bakery lainnya yang belum mengantongi sertifikat HALAL.
©
Price
No.
|
PRODUK
|
PRICE
|
1
|
Cup
cake
|
Rp
7.500/pcs
|
2
|
Bolu
kukus isi
|
Rp
5.000/pcs
|
3
|
Donut
|
Rp
5.000/pcs
|
4
|
Black
forest cake
|
Rp
15.000/pcs
|
5
|
Roti
|
Rp
5.000/pcs
|
6
|
Shusi
donut
|
Rp
20.000/pcs
|
7
|
Black
burger
|
Rp
15.000/pcs
|
8
|
Burger
Vegetarian (isi tahu/tempe , tanpa telur)
|
Rp
15.000/pcs
|
9
|
Sponge
Cake (kue tart)
|
Rp
60.000 (Small)
Rp 80.000 (Medium)
Rp 100.000 (Large)
|
10
|
Black
forest cake
|
Rp
70.000 (Small)
Rp 90.000 (Medium)
Rp 110.000 (Large)
|
Tidak
hanya makanan berupa cake and bakery, kami juga menyediakan aneka minuman.
No
|
Drink
|
Price
|
1
|
Cappuccino ice/hot
|
Rp 10.000
|
2
|
Chocolate ice/hot
|
Rp 10.000
|
3
|
Milk ice/hot
|
Rp 10.000
|
4
|
Tea ice/hot
|
Rp. 5.000
|
5
|
Mineral water
|
Rp. 2.000
|
© Place
Sistem
penyaluran produk yang dilakukan adalah penyaluran langsung yaitu menggunakan
gerai dalam penyampaian produk kepada konsumen ini dilakukan agar owner dapat
menjaga kepuasan konsumen dan juga untuk terjun langsung dalam penjualan
produk.
© Promotion
Kegiatan usaha
yang dilakukan untuk menarik pelanggan melalui berbagai media. AULIA CAKE AND
BAKERY melakukan beberapa cara dengan iklan melalui media online (seperti BBM,
Facebook, Twitter, Instagram dan Line), brosur serta iklan melalui radio.
c. Biaya distribusi/place (Rp)
Rp
5.000.000/bulan
d. Biaya promosi (Rp)
Rp
500.000/bulan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar